PENTINGNYA KOMUNIKASI BAGI LEMBAGA PENYELENGGARA PEMILU, KPU PROVINSI JAWA BARAT GELAR ONLINE COURSE - PUBLIC RELATIONS

Bandung, jabar.kpu.go.id - KPU Provinsi Jawa Barat melalui Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat menggelar acara kursus online yang bertajuk “Proses Public Relations Lembaga Penyelenggara Pemilu”. Tema penting dalam acara tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan komunikasi lembaga penyelenggara pemilu dengan masyarakat.

Public Relations penting untuk Lembaga Penyelenggara Pemilu untuk reputasi.” ujar Idham Holik sebagai narasumber pada acara itu (26/02).

Beliau juga menjabarkan tentang reputasi bagi Lembaga Penyelenggara Pemilu  yaitu reputasi akan mempersentasikan eksistensi organisasi di mata publik, reputasi organisasional LPP yang baik bukan sebuah pemberian melainkan sesuatu hal yang harus direncanakan dan diraih. Hal tersebut menjadi indikator efektivitas komunikasi publik dari sebuah organisasi, begitu pula untuk Lembaga Penyelenggara Pemilu . Kemudian, reputasi organisasi LPP berkolerasi positif terhadap peningkatan partisipasi pemilih dalam tahapan penyelenggaraan pemilu, serta reputasi organisasi Lembaga Penyelenggara Pemilu  yang baik hanya dapat dicapai melalui praktek Public Relations yang benar.

Ada empat proses public relations, pertama mendefinikan masalah komunikasi publik yang sedang terjadi untuk menganalisis situasi. Kedua, merencanakan dan memprogram strategi apa saja yang akan dilakukan dan dijelaskan kepada publik. Ketiga, mengambil langkah solutif dan berkomunikasi dengan baik kepada publik sebagai langkah implementasi. Keempat, mengevaluasi program dalam melaksanakan apa saja yang sudah diakukan sebagai bentuk dari asesmen.

“Jika masyarakat berkomentar dalam sebuah postingan yang dibagikan, baik itu saran atau kritik, jangan dihapus. Itu merupakan respon publik terhadap informasi yang disampaikan, sehingga penting untuk proses mengidenfikasi masalah hingga mengevaluasi desain komunikasi sebuah organisasi.” Lanjut Idham dalam online course rutin ini.

Selain itu beliau juga memaparkan tentang strategi dan taktik dalam berkomunikasi dengan publik. Strategi  public relations biasanya mengacu pada konsep, pendekatan atau rencana umum secara keseluruhan terhadap program yang dirancang untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan taktik beracuan pada peristiwa aktual, media, dan metode yang digunakan untuk mengimplementasikan strategi tersebut. Strategi dan taktik dalam komunikasi publik tentunya sangat dibutuhkan untuk penyampaian informasi yang baik.

Proses public relations yang dikemukan narasumber menawarkan opsi untuk membangun relasi baik dengan publik. Menariknya isi pembahasan membuat peserta antusias untuk mengikuti acara ini. Dengan demikian, online course ini akan menjadi kegiatan rutin yang berguna untuk Lembaga Penyelenggara Pemilu  dan publik. (tekmas kpu prov.jabar – Siho)

Bagikan:

facebook twitter whatapps

Dilihat 512 Kali.