Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Hasil Pemilu 2019 bersama KPU Kabupaten/Kota, Pemerintahan Umum dan Sekretariat Dewan se-Jawa Barat. Bertempat di Aula Setia Permana kantor KPU Provinsi Jawa Barat, acara dilaksanakan pada hari Jumat (18/12/2020). Kegiatan dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, oleh karena itu peserta dibagi dua gelombang, 13 Kabupaten/Kota pukul 09.00 dan sisanya 14 Kabupaten/Kota pukul 13.30 waktu setempat. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Rifqi Alimubarok.

Dalam sambutannya Rifqi mengingatkan kembali kepada peserta untuk selalu memperhatikan protokoler kesehatan, “kita semua harus membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19” tegasnya. Rifqi jg mengatakan bahwa kegiatan ini adalah Rakor PAW pertama kalinya di seluruh provinsi di Indonesia¬† yang pesertanya tidak hanya terdiri KPU Kabupaten/Kota namun juga mengundang Kabag Pemerintahan Umum dan Sekretariat Dewan se-Jawa Barat. Tujuannya adalah agar semua pihak mendapatkan informasi dn pemahaman yang sama tentang regulasi yang mengatur tentang PAW. “PAW itu sesuatu yang sangat krusial dan sangat penting, proses PAW dibagi menjadi tiga kreteria yaitu karena meninggal dunia, karena mengundurkan diri dan karena diberhentikan oleh partai” Rifqi menambahkan.

Setelah itu, kegiatan ini langsung dipandu oleh Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jawa Barat, Endun Abdul Haq sebagai pemateri. Dijelaskan oleh Endun bahwasanya dalam tahapan, PAW diinisiasi oleh partai, dan KPU dilarang menginisiasi dalam PAW. Artinya proses PAW berawal dari Pimpinan Partai yang mengirim surat ke Pimpinan DPR/DPD/DPRD sesuai tingkatannya lalu Pimpinan DPR/DPD/DPRD mengirim surat ke KPU. Sehingga KPU dapat memproses. Disamping itu Endun menjelaskan bahwa PAW dapat diproses minimal 6 bulan dari berakhirnya masa jabatan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kasubag Fasilitasi Pemerintahan Umum Pemprov Jawa Barat, Nazar Kurniawan sebagai narasumber.(0nO/Th)

paw-181220-3

paw-181220-2