Bandung,-
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur dan KPU Kabupaten Indramayu menggelar pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Serentak 2020, Minggu, (13/12/2020), pagi. PSU dilakukan di masing-masing di dua TPS.

Di Cianjur, PSU dilakukan di TPS 11 dan TPS 12 Bunisari, Kecamatan Warungkondang. Sedangkan di Indramayu, pelaksanaan PSU digelar di TPS 1 Krangkeng, Kecamatan Krangkeng dan TPS 7 Tugu Kidul, Kecamatan Sliyeg.

Berdasarkan pantauan tim monitoring KPU Provinsi Jawa Barat, pelaksanaan PSU di empat TPS tersebut berlangsung lancar. PSU dilakukan sejak pukul 07:00 hingga pukul 13:00 WIB itu dilanjutkan dengan penghitungan suara, berlangsung dalam pengawalan ketat dari Bawaslu dan kepolisian setempat.

Dari pantauan tersebut itu juga diketahui. Di TPS 11 Bunisari, Kec. Warungkondang, Cianjur, persentasi pemilih sekitar 57.9%. Dengan rincian terdapat 466 DPT dan 1 DPTb. Warga yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 278 orang. Sedangkan di TPS 11 persentasi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya sekitar 50%. Dimana dari 264 yang terdaftar di DPT, hanya 131 warga yang dating melakukan pencoblosan ulang.

Sementara di Indramayu, PSU dimonitoring langsung oleh Komisioner KPU RI, Ilham Syahputra, didampingi sejumlah Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat. Di TPS 1 Krangkeng, warga yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 239 orang dari 452 yang terdaftar di DPT. Sehingga persentasi pemilih sekitar 55,32%. Di TPS 7 Desa Tugu Kidul, Dari 420 orang yang terdaftar di DPT dan DPTb, yang datang mencoblos ulang hanya 241 orang dengan persentasi pemilih di angka 58,53%.

Untuk diketahui, pelaksanaan PSU di Kabupaten Cianjur berdasarkan rekomendasi Bawaslu setempat karena KPPS di dua TPS tersebut melakukan pelanggaran Pasal 6 PKPU 18 tahun 2020. Hal itu terkait dengan inisiatif dua KPPS bertukar lokasi pencoblosan bagi pemilih di dua TPS itu dengan alasan jarak. Keputusan yang diambil secara spontan itu niatnya untuk mengakomodir aspirasi masyarakat, namun, prosesnya ada yang salah.

Sementara di Indramayu, PSU dilakukan karena pada hari pencoblosan terdapat pemilih luar Indramayu yang melakukan pencoblosan serta satu orang pemilih kedapatan mencoblos di dua TPS berbeda.
Proses PSU di Indramayu dan Cianjur ini mendapat apresiasi dari Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilihan KPU Provinsi Jawa Barat, Endun Abdul Haq. Ia bersyukur sebab pelaksanaan PSU di empat TPS berjalan lancar dan kondusif. Selain itu, ia juga bersyukur sebab PSU bisa terlaksana dengan partisipasi masyarakat diatas 50%.
“Angka ini menandakan tingkat partisipasi masyarakat cukup bagus dibanding daerah lainnya yang masih di bawah 50%,” ujarnya.
Dengan begitu, ia berterima kasih kepada seluruh penyelenggara yang telah melaksanakan PSU dengan baik dan lancar. (Dien)

PSU-1 PSU-2 PSU-3 PSU-4 PSU-5 PSU-6 PSU-7 PSU-8 PSU-9 PSU-10 PSU-11