kab-bandung.kpu.go.id 9 Desember 2020 menjadi hari bersejarah bagi masyarakat Kabupaten Bandung. Gelaran demokrasi 5 tahun sekali kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. Masyarakat Kabupaten sebagai pemilih telah menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS untuk memilih Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Tahun 2020, tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Memantau Penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Bandung, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melakukan kunjungan ke dua TPS, yaitu TPS 5 di desa Sekarwangi Soreang dan TPS 8 Desa Mekarsari Pasirjambu. Pada kesempatan ini, Ridwan Kamil meninjau langsung pelaksanaan pencoblosan, mulai dari fasilitas, penerapan protokol kesehatan serta keamanan dilingkungan TPS. “Secara umum saya nilai baik, terutama dalam hal penerapan protokol kesehatan. Pemilih yang hadir dicek dulu suhunya, kemudian cuci tangan, pake masker dan disediakan juga bilik pencoblosan darurat untuk yang pemilih suhu tubuhnya melebihi 37,3 derajar” paparnya.

Kabupaten Bandung dipilih menjadi titik peninjauan karena memiliki indeks kerawanan tinggi dari delapan daerah di Jawa Barat yang menggelar Pilkada. Kabupaten Bandung juga memiliki jumlah pemilih terbanyak dari daerah lain. Dari sisi pemilih Ridwan Kamil mengamati antusiasme warga dalam menggunakan hak pilihnya cukup tinggi, warga mengatakan mereka telah memiliki pilihan calon pemimpin dari dua TPS tadi. Antusiasme yang cukup tinggi ini mudah-mudahan mewakili tingkat partisipasi yang diharapkan,” ujar Ridwan Kamil.

Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Rifqi Alimubarok turut mendampingi kunjungan Gubernur Jawa Barat berserta jajaran Forkopimda ke Kabupaten Bandung. Rifqi mengatakan bahwa jumlah TPS pada Pilkada kali ini sengaja diperbanyak, dengan jumlah pemilih maksimal 500 pada tiap TPS, ini bertujuan agar menekan kerumunan warga serta penerapan protokol kesehatan pun sudah dilakukan dengan cukup baik agar tidak menimbulkan kluster Pilkada.

Terdiri dari 6.874 TPS yang tersebar di 280 desa/kelurahan, 31 kecamatan se-Kabupaten Bandung, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung dapat berlangsung kondusif, tertib, aman, dan lancar. Petugas KPPS telah menjalankan tugasnya sesuai ketentuan dengan menerapkan protokol kesehatan, begitu juga pemilih telah menggunakan Hak Pilihnya guna menentukan arah pembangunan dan kemajuan Kabupaten Bandung.  (teknis&hupmas)

Sumber: https://kab-bandung.kpu.go.id/index.php/berita/472-jumlah-pemilih-terbanyak-pelaksanaan-pilkada-kabupaten-bandung-kondusif