Jelang hari pemungutan dan penghitungan suara pemilihan serentak tahun 2020, KPU Provinsi Jawa Barat memantapkan pengetahuan teknis jajaran KPU  Kabupaten/Kota dengan menggelar Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam masa pandemi serta Penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara (SIREKAP) Pada Pemilihan Serentak Tahun 2020. Bimtek ini dilakukan selama 2 hari, mulai dari tanggal 26 sampai dengan 27 November di deBraga By Artotel Hotel Kota Bandung, dengan melaksanakan protokol kesehatan ketat, mulai  seluruh peserta wajib lulus rapid test sampai dengan penyediaan alat pengukur suhu, masker, dan hand sanitizer.

Kegiatan diawali dengan laporan kegiatan oleh Plh. Kabag Teknis dan Hupmas Cecep Nurzaman dan dibuka oleh Anggota KPU Provinsi Jawa Barat Idham Holik. Dalam sambutanya Idham mengingatkan KPU Kabupaten/Kota bahwa pentingnya selalu melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 disetiap kesempatan pelaksanaan tahapan. Lebih lanjut Idham menambahkan terkait pelaksanaan debat publik pasangan calon, “KPU Kabupaten/Kota harus hati-hati dan selalu berkoordinasi dengan KPU terkait pelaksanaan debat publik, apalagi jika ada calon yang sudah dinyatakan positif Covid-19” imbuhnya.

Bawaslu Jawa Barat juga diberikan kesempatan memberikan materi pada kegiatan ini, Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat Wasikin berpesan, “jangan anggap kami Bawaslu sebagai musuh KPU, karena kami hanya menjalankan perintah undang-undang. Selalu berkoordinasi dengan Bawaslu dan itu sangat penting” tegas wasikin.

Pada hari kedua giliran Endun A. Haq selaku Ketua Divisi Teknis Penyelenggara memberikan pemaparan teknis sekaligus simulasi pengisian formulir hasil KWK serta penggunaan SIREKAP. (On0/TH)

debraga-2

debraga-3