30 hari menjelang  hari pemungutan dan penghitungan suara pemilihan serentak tahun 2020, KPU Provinsi Jawa Barat menggelar Rapat Kesiapan Penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2020 dengan Patuh Regulasi dan Protokol Kesehatan di Hotel Savoy Homann, Senin 9 November 2020.

Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota KPU RI, Viryan Aziz, Pangdam III Siliwangi   Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto , Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Rudy Sufahriadi, Kajati Jawa Barat Ade Adhyaksa, Kepala Harian Satgas Covid 19 Jawa Barat Daud Achmad, dan Ketua Bawaslu Abdullah Dahlan, serta Ketua dan Anggota 8 KPU Kabupaten/Kota yang sedang menyelenggarakan pemilihan serentak tahun 2020.

Dalam membuka kegiatan ini, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Rifqi Alimubarok menegaskan bahwa semua tahapan yang dilaksanakan dipastikan menggunakan prosedur protokol kesehatan. “Kami mulai kegiatan rapat persiapan di tingkat provinsi dengan mengundang forkopinda dan akan segera diikuti dengan acara serupa ditingkat Kabupaten/Kota” tambah Rifqi.

“Bawaslu Provinsi Jawa Barat tetap komitmen dalam mengawasi proses pemilihan serentak tahun 2020, baik pengawasan elektoral maupun pengawasan non elektoral” tukas Abdullah Dahlan saat memberikan sambutan.

Daud Achmad selaku ketua harian satgas Covid19, mengemukakan bahwa sampai saat ini belum ada cluster baru dari penyelenggaraan pemilihan serentak. “Tapi kita tetap harus waspada karena rasio positif covid19 di Jawa Barat lumayan tinggi yaitu 21,4 %. Kuncinya adalah penyelenggaran pemilihan serentak dilaksanakan secara disiplin, patuh, dan ketat dengan protokol kesehatan” sambungnya”

Kajati berpesan kepada penyelenggara pemilihan agar jangan pernah menciderai nurani demokrasi dengan menjaga netralitas. “Kami jajaran kejaksaan akan selalu berperan aktif dalam membangun sinergitas kepada semua pihak agar penyelenggaraan pemilihan serentak berjalan dalam koridor aturan yang ada” tegas Ade Adhyaksa.

“Sebagai bagian dari komponen nasional, TNI sangat berkepentingan untuk selalu mendorong dan menjaga agar penyelenggaraan pemilihan serentak berjalan  dengan aman, damai dan tertib”, “Pangdam III Siliwangi  sangat menyambut baik pelaksanaan rapat kesiapan ini, disamping sebagai ajang silaturahmi namun bisa sebagai tolak ukur kesiapan penyelenggara serta ajang koordinasi semua pihak” tegas Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

Irjen Pol Rudy Sufahriadi dalam sambutannya mengatakan “Dalam sejarah pelaksanaan Pemilihan di Jawa Barat tidak ada pemilihan yang tidak aman dan damai, maka kita semua harus menjaga reputasi tersebut dengan baik”.

Kesempatan terakhir diberikan kepada Anggota KPU RI Viryan Azis. Dalam kesempatannya beliau memaparkan hal-hal teknis sebagai bentuk kesiapan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.(TH/On0)

savoy-2