Soreang, kab-bandung.kpu.go.id Selain difasilitasi oleh KPU Kabupaten Bandung, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Tahun 2020 dapat mencetak sendiri Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK). Jumlah penambahan APK dan BK terlebih dahulu dikoordinasikan antara KPU Kabupaten Bandung dengan Tim Kampanye masing-masing Pasangan Calon.

KPU Kabupaten Bandung bersama Tim Kampanye masing-masing Pasangan Calon melakukan rapat koordinasi untuk menyepakati Jumlah Penambahan BK dan APK yang dapat dicetak oleh Pasangan Calon berdasarkan ketentuan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Nonalam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) serta Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Ukuran dan jenis APK dan BK pada penambahan disesuaikan dengan ukuran yang telah difasilitasi oleh KPU Kabupaten Bandung. Sedangkan untuk jumlah penambahan, APK dapat dicetak paling banyak 200 % dari jumlah maksimum, serta Bahan Kampanye paling banyak 100 % dari jumlah kepala keluarga pada daerah Pemilihan. Sedangkan untuk desain dan materi dibuat dan dibiayai oleh Partai Politik, Pasangan Calon, dan/atau Tim Kampanye masing-masing.

Jumlah penambahan Bahan Kampanye jenis Selebaran (flyer), Brosur (leaflet), Pamflet, dan Poster paling banyak 1.208.074 lembar untuk masing-masing jenis bagi tiap Pasangan Calon. Sedangkan penambahan Alat Peraga Kampanye untuk masing-masing Pasangan Calon yaitu Baliho paling banyak 10 buah/Kabupaten,    Billboard/Videotron   paling banyak 10 buah/Kabupaten, Umbul-umbul paling banyak 40 buah/Kecamatan, dan Spanduk paling banyak 4 buah/Desa/Kelurahan.

KPU Kabupaten Bandung menuangkan hasil koordinasi penambahan jumlah APK dan BK dalam Berita Acara yang telah disetujui oleh pihak masing-masing  Tim Kampanye Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Tahun 2020. (teknis&hupmas)

Sumber: https://kab-bandung.kpu.go.id/index.php/berita/420-penambahan-apk-dan-bk-pasangan-calon