kab-bandung.kpu.go.id Dimulainya tahapan Kampanye Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Tahun 2020 dilaksanakan setelah pasangan calon mendapatkan nomor urut. Tahapan kampanye sendiri meliputi metode pertemuan terbatas, tatap muka dan dialog, pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK), dan penyebaran Bahan Kampanye (BK), Debat Publik Pasangan Calon, serta Kampanye melalui media massa cetak dan elektronik, media sosial dan media daring.

Di masa pandemi Covid-19, metode pelaksanaan kampanye mengacu pada Peraturan KPU Nomor 13 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Nonalam Covid-19 serta Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Kampanye. Kegiatan kampanye yang akan dilaksanakan oleh Partai Politik, Tim Kampanye, serta Pasangan Calon mengutamakan metode melalui media sosial dan media daring. Jika tidak memungkinkan maka yang akan melaksanakan kegitan kampanye harus mengikuti ketentuan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang telah ditetapkan dalam Peraturan KPU diantaranya dilaksanakan dalam ruangan atau gedung, jumlah peserta maksimal 50 orang, jaga jarak minimal 1 meter, wajib memakai masker, menyediakan fasilitas cuci tangan atau handsanitize, wajib mematuhi ketentuan penanganan Covid-19 serta dilarang mengikutsertakan balita, anak-anak, ibu hamil atau menyusui dan orang lanjut usia.

Adapun Kegiatan kampanye yang dilarang dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19 meliputi rapat umum, kegiatan kebudayaan berupa pentas seni, panen raya dan konser musik, kegiatan olahraga berupa gerak jalan santai, sepeda santai, perlombaan, kegiatan sosial seprti bazar atau donor darah, serta ringatan hari ulang tahun partai politik. Kegiatan-kegiatan dimaksud merupakan kegiatan yang memungkinkan melibatkan banyak orang serta kerumunan dan jika Partai Politik, Pasangan Calon ataupun Tim Kampanye melanggar, Bawaslu akan memberikan peringatan tertulis, bahkan penghentian dan pembubaran kegiatan di tempat jika peringatan tidak diindahkan dalam waktu 1 (satu) jam sejak terbit peringatan tertulis.

Untuk itu, KPU Kabupaten Bandung mendorong semua pihak untuk mewujudkan kegiatan kampanye dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, sopan, tertib, bijak, dan edukatif/mendidik dengan memberikan informasi yang bermanfaat dan mencerahkan pemilih serta jangan lakukan hal-hal yang bersifat provokatif. Jadikan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung Tahun 2020 selalu sehat, aman, dan damai. (teknis&hupmas)

Sumber: https://kab-bandung.kpu.go.id/index.php/berita/418-masa-pandemi-covid-19-kampanye-dibatasi