KPU Kabupaten Kediri menjadi tuan rumah pertama pelaksanaan Simulasi Nasional Pemungutan Suara dan Penghitungan e-Rekapitulasi oleh KPU RI. Simulasi nasional tersebut dilaksanakan Sabtu (31/10), di salah satu TPS dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Simulasi tersebut dihadiri langsung Ketua KPU RI, Arief Budiman. Ia memantau langsung simulasi yang digelar menyerupai pemilihan yang sebenarnya pada 9 Desember 2020 mendatang. Seperti melibatkan banyak orang sesuai yang terdaftar dalama DPT setiap TPS.

Dalam sambutannya, Arief Budiman mengatakan, simulasi pemungutan suara dan penghitungan suara e-Rekap merupakan program nasional. Hal itu dilakukan untuk mengetahui secara langsung seluruh proses di TPS pada pelaksanaan mendatang. Selain itu, simulasi ini sekaligus sebagai penyempurnaan dari draft Peraturan KPU (PKPU) terkait pelaksanaan Pemilihan Serentak dalam masa pandemi Covid-19.

Pelaksanaan pemilihan Serentak 9 Desember 2020, kata Arief, memang jauh berbeda dengan pelaksanaan pemilihan selama ini. Setidaknya, ada 15 hal baru yang wajib diterapkan sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan.

Seperti undangan C6 untuk pemilih diberi jadwal kedatangan, menggunakan face shield, menyediakan handsanitizer, Wajib memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan sebelum masuk TPS, penggunaan sarung tangan saat pencoblosan, tinta bukti pemberian suara yang diteteskan, penyemprotan disinfektan secara berkala, penggunaan aplikasi sirekap serta pengukuran suhu tubuh setiap pemilih.

“Jika ada pemilih yang bersuhu tubuh 37,3 akan ditempatkan pada bilik khusus,” terang Arief Budiman.

Terkait SiRekap, Arief menegaskan, jika penggunaan aplikasi itu untuk membuat pemilihan menjadi lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabilitas. Sebab KPPS cukup mengambil foto, kemudian dikirim ke pusat data.

“Selanjutnya data akan diolah secara online,” tambahnya lagi.

Untuk diketahui, simulasi ini juga dihadiri perwakilan oleh KPU Provinsi Jawa Barat, KPU Jawa Tengah, KPU Jawa Timur, KPU Daerah Istimewa Yogjakarta dan KPU Bali beserta KPU Kabupaten Kota penyelenggara Pemilihan Tahun 2020. Simulasi hari ini digelar di TPS 12, Dusun Katang, Desa Sukorejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri yang melibatkan pemilih dari warga Ngasem. (dien)

kediri-1

kediri-2

kediri-3

kediri-4

kediri-5

kediri-6