Soreang, kab-bandung.kpu.go.id – KPU Kabupaten Bandung memfasilitasi Metode kampanye berupa Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) bagi tiap-tiap Pasangan Calon pada Pemilihan Buapti dan Wakil Bupati Bandung Tahun 2020.

Jenis-jenis APK Pasangan Calon yang difasilitasi oleh KPU Kabupaten Bandung berupa pencetakan Baliho sebanyak 3 buah untuk masing-masing Pasangan Calon, Umbul-umbul sebanyak 155 buah untuk masing-masing Pasangan Calon, Spanduk sebanyak 560 buah untuk masing-masing Pasangan Calon, dan penayangan Videotron ukuran ukuran 4 meter x 8 meter  untuk masing-masing Pasangan Calon di tingkat Kabupaten. KPU Kabupaten Bandung juga memfasilitasi jenis Bahan Kampanye meliputi Selebaran (flyer), Brosur (leaflet), pamflet, dan poster dengan jumlah sebanyak 150.000 untuk tiap-tiap jenis BK bagi masing-masing Pasangan Calon.

Setiap Pasangan Calon dapat mencetak APK dan BK tambahan. Jumlah Penambahan berdasarkan ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Nonalam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) jo. Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 11 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye.

Sebelumnya KPU Kabupaten Bandung memfasilitasi titik lokasi pemasangan APK di tingkat Kabupaten, tingkat Kecamatan, dan tingkat Desa/Kelurahan yang ditetapkan melalui Keputusan KPU Kabupaten Bandung. Lokasi pemasangan APK tersebut merupakan fasilitasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung. Sedangkan untuk pemasangan APK di tempat milik perseorangan atau swasta harus dengan izin tertulis dari pemilik lokasi tersebut. Pemasangan APK agar mempertimbangkan Etika, Estetika, Kebersihan, dan Keindahan Kawasan.

APK sendiri dilarang untuk dipasang pada tempat ibadah dan halamannya, Rumah Sakit/tempat pelayanan kesehatan, gedung milik pemerintah, dan lembaga pendidikan (gedung dan sekolah), ini berlaku pula untuk penempelan Bahan Kampanye sepeti Stiker. Selain tempat-tempat tersebut, stiker dilarang juga ditempel di jalan protokol, jalan bebas hambatan, sarana dan prasarana publik, taman dan pepohonan. Pasangan calon dan/atau Tim Kampanye juga dapat mencetak sendiri BK berupa pakaian, penutup kepala; alat makan/minum, kalender, kartu nama, pin, alat tulis, payung, stiker, alat pelindung diri (PAD) berupa masker, sarung tangan, pelindung wajah (face shield) dan hand sanitizer dengan jumlah sesuai ketentuan yang berlaku. (teknis&hupmas)

Sumber: https://kab-bandung.kpu.go.id/index.php/berita/419-kpu-fasilitasi-alat-peraga-dan-bahan-kampanye-pasangan-calon