KPU Kabupaten Tasikmalaya menggelar Launching Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Tasikmalaya tahun 2020 berkerjasama dengan Radar TV. Pelaksanaan launching sepenuhnya akan menggunakan protokol kesehatan karena Launching Pilkada ini akan menjadi role model dalam pelaksanaan launching pilkada di tengah pandemi. Kegiatan tersebut mengambil tema “Rempug Jukung Ngaheuyeuk Dayeuh Ngolah Nagara” Launching Pilkada ini dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 2020 di Gedung Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya yang kapasitasnya 2000 orang, namun sesuai arahan dari Gugus Tugas Kabupaten Tasikmalaya maka hanya akan menggunakan kurang dari 10% dari kapasitas Islamic Center.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok, Forkopimda Kab. Tasikmalaya, perwakilan DPRD Kab. Tasikmalaya, perwakilan KPU dari 27 Kab/Kota se-Jawa Barat, SKPD Kab. Tasikmalaya, Diskominfo Kab. Tasikmalaya, dan undangan lainnya.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya menyebutkan bahwa Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 9 Desembe 2020 menjadi perhelatan Politik terberat. Terberat bukan berarti dari sisi dinamika politiknya, tetapi masalah teknis pelaksanaanya karena digelar saat pandemic Covid-19 masih berlangsung.

Selanjutnya Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto menyatakan tingkat partisipaso pemilih pada Pilkda Kabupaten Tasikmalya bulan Desember mendatang tidak boleh menurun. Jajaran KPU harus dapat mengedukasi masyarakat bahwa walau ada pandemic Covid-19, masalah pemilihan menjadi hal penting juga.

Melalui event Pilkada Tasik diharapkan bisa menghasilkan pemimpin dan pemerintahan yang mempunyai kredibilitas yang baik. Sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pemilu tinggi. pelaksanaan Pilkada di tengah Covid-19 ini, memang tidak terlalu fisik, jangan dijadikan alasan tidak mampu meningkatkan partisipasi masyarakat datang ke TPS. (NS)