Pemerintah Republik Indonesia telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Peraturan KPU  Nomor 15 Tahun tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

KPU Provinsi Jawa Barat walaupun tidak dalam penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020, berkewajiban mensosialisasikan Peraturan KPU dimaksud sesuai tugas dan fungsinya sebagai koordinator KPU Kabupaten/Kota. Senin 22 Juni 2020, KPU Jabar mengelar Sosialisasi PKPU Nomor 5 Tahun 2020 kepada Partai Politik, Bawaslu, dan Pemangku Kepentingan lainnya melalui rapat virtual.

Ketua KPU Jabar, Rifqi Ali Mubarok berkesempatan membuka kegiatan dimaksud, dalam kesempatannya Rifqi menjelaskan bahwa Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang tahapan, program dan jadwal lanjutan Pemilihan serentak Tahun 2020 yang dimulai tanggal 15 Juni 2015. Lebih lanjut dia berpesan kepada semua pihak agar dalam melaksanakan tahapan, agar tetap selalu menjalankan prosedur kemanan dan kesehatan Covid-19.

Rapat virtual ini di ikuti oleh Bawaslu Jabar, Perwakilan Partai Politik, Polda Jabar, Pemda Jabar, Diskominfo Jabar, Dinsos Jabar, Kementrian Agama, dan para pemangku kepentingan lainnya.(On0)