Selasa 16 Juni 2020, Bertempat di Aula Setia Permana, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan Launching Pilkada Serentak Tahun 2020 bagi KPU Kabupaten/Kota yang belum meyelenggarakan Launching dan Persiapan Pelaksaan Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Peningkatan Partisipasi Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19. Kegiatan ini mengundang anngota KPU RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi yang ikut bergabung secara virtual mealalui aplikasi zoom.

Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok membuka sekaligus memberi sambutan pada kegiatan tersebut. Dalam sambutannya Rifqi mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada 8 (delapan) KPU Kabupaten/Kota yang telah mengaktivasi kembali tahapan lanjutan Pilkada Serentak Tahun 2020. Sebelum mengaktivasi tahapan, 8 KPU Kabupaten/Kota telah melakukan koordinasi dengan para stake holder khususnya Gugus Tugas Penanganan Covid-19. Ketua menambahkan bahwa KPU Kabupaten/Kota harus tetap selalu berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid 19, karena sukses dan lancarnya tahapan tergantung dari koordinasi KPU Kabupaten/Kota sebagai penyelenggara dan Gugus Tugas Covid 19 di masing-masing daerah.

Rifqi juga memerintahkan khususnya kepada 8 KPU Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada dan KPU Kabupaten/Kota yang tidak sedang menyelenggarakan Pilkada harus terus juga mensosialisassikan narasi positif terkait Pandemi Covid-19.

Anggota KPU Prov. Jabar yang menjabat sebagai Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Idham Holik dalam rapat ini mengatakan “Rapat Koordinasi sengaja dirancang KPU Provinsi Jawa Barat untuk memberikan arahan, informasi dan masukan tentang pelaksanaan launching juga sosialisasi, pendidikan pemilih dan peningkatan partisipasi masyarakat sekaligus mendengarkan permasalahan yang ada di masing-masing daerah”. (0nO)