Anggota KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengapresiasi kinerja KPU Prov. Jabar dan 8 (delapan) KPU Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada Serentak Tahun 2020, karena telah berkoordinasi dengan gugus tugas penanganan Covid-19. Apresiasi ini dikatakan Dewa pada kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Launching Pilkada Serentak Tahun 2020 bagi KPU Kabupaten/Kota yang belum meyelenggarakan Launching dan Persiapan Pelaksanaan Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Peningkatan Partisipasi Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Barat pada hari Selasa 16 Juni 2020.

Dewa memberi arahan kepada KPU Kabupaten/Kota bahwa sosialisasi pada pemangku kepentingan sangatlah penting, “jangan sampai ada pemangku kepentingan yang tidak mengetahui kalau tahapan lanjutan Pilkada serenak sudah dimulai kembali mulai 15 Juni 2020”.

Selain itu Dewa juga menambahkan bahwa ada hal yang tidak kalah pentingnya yaitu Kepercayaan Masyarakat, “kepercayaan masyarakat sangatlah penting jika dikaitkan dengan partisipasi masyarakat” ungkapnya.

Lebih lanjut lagi Dewa mengatakan “setidaknya Ada 2 pertanyaan yang banyak beredar di masyarakat, yaitu:

  1. Bagaimana KPU bisa menjamin Pemilihan Kepala Daerah ini bisa berjalan secara jujur dan demokratis?, mengingat dilaksanakan pada masa Pandemi Covid-19
  2. Bagaimana KPU bisa memberikan jaminan kemanan dan kesehatan untuk penyelenggra, peserta dan masyarakat sebagai pemilih?”

Kedua pertanyaan itu harus kita jawab dengan kerja keras dan integritas, perlu ada penyesuaian-penyesuaian kegiatan dengan melakukan protokol keamanan dan kesehatan Covid-19. Kuncinya adalah koordinasi yang intens dengan semua pemangku kepentingan khususnya gugus tugas adalah hal yang wajib dilakukan penyelenggara” tegasnya.(0nO)