Bandung,-
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menerima kunjungan kerja KPU Provinsi Jambi, Kamis, (3/10/2019). Kunjungan tersebut dilakukan jelang penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan diselenggarakan oleh Provinsi Jambi pada Pemilukada Serentak 2020 mendatang.

Rombongan KPU Jambi yang dipimpin oleh Sekretarisnya, Khoirul Bahri Lubis didampingi salah satu komisoner KPU Jambi, Aprizal, Kasubag Program dan Data, Abd. Aziz. Dalam kunjungan ini, KPU Provinsi Jabar membawa serta perwakilan dari Bank Jambi, M.A Anthony.

Kedatangan rombongan KPU Jambi, diterima di ruang rapat Rumah Pintar Pemilu (RPP) oleh Kadiv Teknis KPU Jabar, Endun Abdul Haq, didampingi Kadiv Sosialisasi dan Parmas, Idham Holik, Kadiv SDM, Undang Suriatna dan Kadiv Hukum, Reza Alwan Sovnidar, Kadiv Logistik, Nina Yuningsih dan Kadiv Program Data, Titik Nurhayati.

Dalam pemaparan awalnya, Sekretaris KPU Jambi, Khoirul Bahri Lubis, mengatakan, kunjungan tersebut untuk mengetahui mekanisme penyimpanan dana hibah pilkada yg akan dilaksanakan oleh Provinsi Jambi pada tahun 2020, serentak dengan 5 KPU Kab/Kota yg ada di provinsi Jambi.

“Kami ingin meminta ilmu tentang banyak hal dari KPU jabar yang mana pada pemilu 2018 lalu sudah menggelar Pemilukada serentak. Kami ingin belajar tentang kiat-kiatnya tentang pengelolaan dana hibah tersebut,” tegas Khoirul.

Gayung bersambut, enam komisioner KPU Provinsi Jawa Barat bergantian menjawab tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan KPU Jambi tersebut. Seperti pendanaan bersama dalam Pemilukada serentak di Jabar 2018. Kemudian bentuk roses kerjasama dengan Bank BTN.

Dua hal lainnya yang sempat di singgung adalah Efisiensi dalam pilkada serentak tahun 2018 serta penjelasan pemindahan dana hibah daerah menjadi dana APBN.

(Laporan Siti Aisyah, Staf  Program dan Data)

 

 

1 2 3