Bandung,-
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat mengadakan perhelatan KPU Award tahun 2019. Perhelatan dalam bentuk pemberian penghargaan itu merupakan apresiasi kepada KPU daerah yang dinilai berprestasi dalam menggelar Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019 lalu.

Puncak KPU Award dihelat di Hotel Intercontinental Dago Resort Kota Bandung, Selasa, (8/10/2019). Kegiatan dibuka Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok yang didampingi enam komisioner KPU Jabar lainnya serta PLH sekertaris KPU jabar. Sertra turut hadir mantan Komisioner KPU Jabar, Ferry Kurnia Rizkiyansyah.

Dalam sambutannya, Rifqi menyampaikan terima kasih kepada 27 KPU Kabupaten/Kota di Jawa Barat, yang telah menyelenggarakan Pemilu 2019 dengan sukses dan lancar. Walau ada beberapa laporan ke Mahkamah Konstitusi, namun itu tak merubah hasil akhir dari penghitungan suara.

“Saya berterimakasih kepada semuanya. Ini merupakan kerja keras yang luar biasa dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 di Jawa Barat,” kata Rifqi Ali Mubarok di hadapan 27 ketua dan sekretaris KPU se Jawa Barat.

Terkait dengan KPU Award, Rifqi menjelaskan, panitia provinsi KPU Jabar membuat delapan kriteria untuk KPU Award Pemilu 2019. Antara lain kategori Kreasi Sosialisasi dan Partisipasi Pemilu dan Pemilihan, Kategori Daftar Pemilih Berkualitas, Kategori Penyelenggaraan dan Pemilihan yang Berintegritas, Kategori Pengelolaan Logistik Pemilih dan Pemilihan, Kategori Layanan Masyarakat Kreatif, Kategori Pemilu dan Pemilihan Akses, Kategori Transparansi Informasi Pemilu dan Pemilihan serta Kategori Inovasi dan Profesional.

Secara khusus, Rifqi juga menyampaikan kepada para KPU Kabupaten dan Kota yang berhasil meraih KPU Award tersebut. “Untuk pemenang, semoga menjadikan cambuk dan semangat untuk menjadi lebih baik lagi dan yang belum mendapat KPU Award kali ini semoga termotivasi untuk bisa memperbaiki kinerja sebab tugas dan tantangan kita ke depan relatif semakin berat,” kata mantan Ketua KPU Kota Bandung tersebut.

Sekedar diketahui, KPU Award merupakan puncak dari Apresiasi dan Penilaian oleh KPU Provinsi Jawa Barat terhadap Penyelenggaraan Pemilu 2019 di masing-masing KPU Kabupaten/Kota di Jawa barat. Tujuan dari KPU award tersebut adalah memberikan apresiasi atas prestasi penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan yang berkualitas. Kedua, untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan melalui kompetisi diantara KPU Kabupaten dan Kota se Jawa Barat.
Tujuan ketiga, sebagai pendokumentasian praktik penyelenggaraan pemilu dan pemilihan terbaik KPU Kabupaten/Kota dan waktu yang akan datang serta keempat, sebagai bahan evaluasi dan perbaikan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan dimasa yang akan datang.

Berikut pemenang penghargaan penyelenggaraan Pemilu tahun 2019, yang dibagi dalam 8 kategori, yaitu:

I. Kategori Kreasi ssosialisasi dan Partisipasi Pemilu dan Pemilihan.
Pemenangnya adalah :
1. Kabupaten Sumedang
2. Kota Bogor
3. Kabupaten Indramayu

II. Kategori Daftar Pemilih Berkualitas.
Pemenangnya adalah :
1. Kab Bandung
2. Kota sukabumi
3. Kota tasikmalaya

III. Kategori Penyelenggaraan dan Pemilihan yang Berintegritas. Pemenangnya adalah :
1. Kabuoaten Majalengka
2. Kabupaten Bandung
3. Kabupaten Sumedang

IV. Kategori Pengelolaan Logistik Pemilih dan Pemilihan. Pemenangnya adalah :
1. Kota Tasikimalaya
2. Kabupaten Bandung
3. Kota Banjar

V. Kategori Layanan Masyarakat Kreatif. Pemenangnya adalah :
1. Kota Banjar
2. Kota Bekasi
3. Kota Bandung

VI. Kategori Pemilu dan Pemilihan Akses. Pemenangnya adalah :
1. Kota Bogor
2. Kota Bandung
3. Kota Bekasi

VII. Kategori Transparansi Informasi Pemilu dan Pemilihan. Pemenangnya adalah :
1. Kota bogor
2. Kabupaten Ciamis
3. Kota Cirebon

VIII. Kategori Inovasi dan Profesional. Pemenangnya adalah :
Kabupaten sukabumi

IX. Kategori khusus Kebersihan Lingkungan Kerja Terbaik pada tingkat KPU kabupaten/kota se Jawa Barat.
KPU Kabupaten Majalengka

(Laporan Dhea Sulasti Putri, Staf Umum dan Logistik)

WhatsApp Image 2019-10-09 at 20.19.25 (1) WhatsApp Image 2019-10-09 at 20.19.25 WhatsApp Image 2019-10-09 at 20.19.26 (1) WhatsApp Image 2019-10-09 at 20.19.26 (2) WhatsApp Image 2019-10-09 at 20.19.26 (3) WhatsApp Image 2019-10-09 at 20.19.26 WhatsApp Image 2019-10-09 at 20.19.27