Bandung,-
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat memperingati hari santri pada Selasa, (22/10/2019). Peringatan itu dilakukan dengan apel pagi di halaman KPU Jawa Barat, Jalan Garut Nomor 11, Kota Bandung.

Apel dipimpin Ketua KPU Jabar, Rifqi Ali Mubarok yang dihadiri sejumlah komisioner lainnya, antara lain Undang Suriyatna, Titik Nurhayati, Endun Abdul Haq, Reza Alwan Sovnidar. Turut hadir sejumlah pejabat struktural seperti Teppy W. Dharmawan, Agus Ridwan, Anton Firmansyah, Sophia serta ASN dan pegawai kontrak lainnya.

Apel yang digelar hari ini agak unik karena disesuikan dengan hari santri. Yakni mengenakan pakaian ala-ala santri, seperti sarung, baju muslim-muslimah dan lengkap dengan kopiah.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua KPU Jabar, Rifqi Ali Mubarok, mengatakan, bahwa tema hari santri tahun ini adalah “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”. Rifqi juga menyampaikan terkait sejarah lahirnya hari santri di Indonesia dan akhirnya diperingati setiap tanggal 22 Oktober tersebut.

“Ditetapkan pada tahun 2015, yang artinya ini adalah tahun ke empat,” kata Rifqi Ali Mubarok.

Ia menambahkan, bahwa penetapan hari santri mengacu pada peristiwa tahun 1945. Dilandasi atas perjuangan para KH Hasyim Asy’ari, KH Ahmad Dahlan, dan Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto yang menciptakan organisasi Islam yang akhirnya dikenal sangat berperan penting dalam perjalanan bangsa.

Saat itu, dari beberapa catatan yang dirangkum, Hasyim Asy’ari sebagai Rais Akbar PBNU menetapkan Resolusi Jihad melawan pasukan kolonial di Surabaya. Resolusi ini lahir saat pengurus NU Jawa dan Madura menggelar pertemuan di Surabaya setelah mendengar tentara Belanda berupaya kembali menguasai Indonesia dengan membonceng Sekutu.

Terkait dengan tema hari santri 2019, ia berharap agar semangat santri di Indonesia bisa menjadi aksi untuk perdamaian dunia.

Pada kesempatan sama, bertepatan dengan hari santri, Selasa, (22/10/2019), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat, berkomitmen untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Komitmen tersebut disampaikan bersama usai menggelar apel hari santri di halaman KPU Jabar.

(media center)

WhatsApp Image 2019-10-22 at 08.03.07 WhatsApp Image 2019-10-22 at 08.03.14 WhatsApp Image 2019-10-22 at 08.03.26 WhatsApp Image 2019-10-22 at 08.04.57