Bandung,
65 Hari jelang Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menggelar in house training (IHT) di Aula Setia Permana, KPU Jabar, Senin, (11/02/2019). Kegiatan tersebut merupakan untuk peningkatan kapasitas SDM secara internal KPU Jawa Barat tentang kepemiluan.

Kegiatan tersebut mengusung tema mengenal Kebijakan Umum Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara serta Penetapan Hasil Pemilu dalam Pemilu 2019. Kegiatan tersebut dibuka Ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Alimubarok, didampingi Ketua Divisi Teknis, Endun Abdul Haq dan Ketua Divisi SDM, Undang Suriatna.

Dalam sambutannya, Rifqi Alimubarok mengingatkan pentingnya penyelenggara memahami secara paripurna persoalan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasi penghitungan suara serta penetapan hasil Pemilu. Bagi Rifqi, sangat disayangkan jika justru penyelenggara yang tidak memahami persoalan teknis kepemiluan.

“Kita benteng terakhir dari lembaga penyelenggara yang sejatinya bisa memahami lebih dalam persoalan teknis kepemiluan. Paling tidak menjadi pemberi informasi kepada yang tidak paham,” tegas Rifqi.

Olehnya itu, Mantan Ketua KPU Kota Bandung tersebut meminta agar seluruh staf, dari provinsi hingga tingkat KPSS betul-betul memahami persoalan kepemiluan tersebut. Jika tidak, maka resikonya akan berdampak pada banyak hal, seperti membuka peluang adanya PSU atau resiko yang lain.

Dalam kesempatan itu juga, diperkenalkan 5 contoh surat suara yang sudah sesuai dengan ukuran surat suara yang akan digunakan pada Pemilu nanti. Yakni surat suara untuk Pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota.

(Media Centre)

10

15

16