Bandung,
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat makin gencar melakukan sosialisasi Pemilu Serentak 2019. Salah satunya melalui udara atau on air di Radio Republik Indonesia (RRI) yang dilakukan di Studio RRI Kota Bandung, Jalan Supratman, Senin, (18/02/2019).

Talkshow pagi RRI dalam program “Memilih Juara” tersebut dihadir Ketua Divisi Teknis KPU Prov. Jawa Barat, Endun Abdul Haq. Dalam talkshow tersebut, Endun membahas banyak hal persiapan Pemilu Serentak 2019. Meski materinya relatif tak baru, namun yang utama bagi KPU adalah sosialisasi yang harus dilakukan terus menerus.

“Kita tidak boleh surut dan sakit untuk melakukan penyadaran kepada masyarakat Jabar tentang pelaksanaan Pemilu 2019,” tegas Endun Abdul Haq singkat.

Talkshow tersebut juga meminta agar warga Jawa Barat mengecek nama untuk memastikan masuk tidaknya dalam Daftar Pemilih tetap (DPT) ataupun Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Endun juga mengatakan, bagi warga yang ingin pindah memilih, agar melapor ke Kelurahan/Desa asal untuk mendapatkan formulir A5. Dengan form A5 tersebut, pemilih bisa mendatangi TPS yang menjadi tujuan lengkap dengan KTP elektroniknya.

“Namun yang pindah memilih nantinya tidak akan mendapatkan lima surat suara utuh,” ujarnya lagi.

Pada siaran itu juga, Endun mensosialisasikan kepada pendengar RRI tentang lima surat suara yang akan diterima, mulai dari warna hingga ukurannya. Ia pun meminta agar masyarakat bisa menghafal dan mengetahui warna-warnanya tersebut agar tidak salah saat memasukkan surat suara ke kotak suara.

“Namun lebih penting dari segalanya adalah mencoblos dengan tetap hingga tidak dianggap batal,” tambah Endun.

Siaran yang berlangsung selama satu jam itu mendapat respon sejumlah pendengar. Mereka aktif bertanya, baik melalui telepon, maupun melalui pesan via WA dan SMS.

(Media Centre)

2

3

4